Mengembangkan Perisai Diri di Unit SMKN 1 Purwakarta Part II

EnglishFrench German SpainItalianDutch

RussianBrazil JapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
Terjemahkan Bahasamu Disini

"Siapa saja yang ingin mencapai sukses, haruslah mendaki dan memanjatnya; bukan melompatinya..." (R.M.S. Dirdjoatmodjo - Pendiri Perisai Diri

Sabtu, 26 Mei 2012

Yang Terpenting adalah kekompakan dan kesamaan prinsif...
Kekompakan dan kesamaan prinsif dalam melakukan segala hal hanya demi kemajuan Perisai Diri...

Seperti apa yang dibahas sebelumnya bahwa banyak hal yang dapat dilakukan untuk kemajuaan Perisai Diri. Asalkan pada diri para anggota ada kreatifitas yang disalurkan untuk kemajuan perisai diri. Kreatifitas memang jadi kunci utama dalam hal ini.

Dan memang harus dipahami Dijaman 2012 ini...
dalam mengembangkan Perisai diri di suatu UNIT di Sekolah perlu banyak memutar otak. Terutama yang digaris bawahi dalam poin ini yaitu dalam hal pencarian anggota baru.

Dalam pencarian anggota baru memang pada dasarnya pasti sudah ada aturan atau rencana dan strategi yang disarankan atau baku. Namun hal ini terkadang menjadi suatu yang buntu ketika dihadapkan kepada para calon anggota baru yang memang tidak ada tau nya kepada SILAT.

Ya seperti yang kita tahu bersama bahwa kebanyakan manusia indonesia yang hidup saat ini tidak tahu dan tidak mau tahu menganai SILAT sebagai salah satu Bela Diri milik bangsanya. Melainkan lebih banyak yang condong kepada bela diri luar negeri yang dianggap lebih populer dan berkelas.

Nah disitulah peran kreatifitas anggota menjadi sangat diperlukan. Bagaimana para calon anggota yang pada dasarnya tidak mau tahu jadi ingin mencoba ikut silat PERISAI DIRI. Para anggota UNIT harus mampu mengembangkan segala peluang – peluang dan potensi – potensi yang ada agar para anggota baru tertarik untuk tetap berlatih perisai diri.

Dan poin terpenting agar kreatifitas ini dapat terealisasikan dengan baik adalah kerjasama yang kompoak... untuk melakukan apapun dalam melakukan tugas yang sulit diatas perlu adanya kekompakan dari seluruh anggota. Karena beban seperti ini bukan beban yang bisa ditanggung oleh satu orang melainkan beban seperti ini harus menjadi beban bersama. Semua anggota harus paham bahwa dengan kerjasama dan kekompakan segala beban yang ada akan jadi ringan.

Semua anggota harus terlibat  dan dilibatkan dalam masalah ini. Dan semua anggota harus paham bahwa apapun yang dikerjakan harus bertujuan untuk kemajuaan PERISAI DIRI. Penyamaan prinsif ini bertujuan agar kekompakan yang pada dasarnya harus ada lebih terpelihara dengan rapih. Dan dapat selalu ada sampai kapanpun...

Dan  “setiap program kerja yang dilakuakan harus ada perbaikan, setiap kesalahan jangan dibuang tapi diperbaiki, jangangan pernah merasa puas dgan hasil yg baik,.gunakan dan sosialisasikan ilmu-ilmu pengetahuan yg dimiliki" Buang jauh-jauh ego masing2, bersama lebih baik daripada menyendiri. "Merasa paling benar" hal itu yg dpat menghancurkan. "Merasa paling berjasa" hal itu yang dpat meruntuhkan.” Agar kekompakan dan kesamaan prinsif dapat terlaksana.
Sumber : Amanat dan kata - kata pelatih PD unit Nepoer (SMKN 1 Purwakarta)

0 komentar:

Posting Komentar