SEJARAH SILAT PERISAI DIRI

EnglishFrench German SpainItalianDutch

RussianBrazil JapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
Terjemahkan Bahasamu Disini

"Siapa saja yang ingin mencapai sukses, haruslah mendaki dan memanjatnya; bukan melompatinya..." (R.M.S. Dirdjoatmodjo - Pendiri Perisai Diri

Selasa, 22 Mei 2012


   Hey all,,, kali ini saya akan berbagi sedikit cerita menarik tentang perguruan silat INDONESIA Perisai Diri atau lebih dikenal dengan sebutan "PD" yg merupakan singkatan dari nama perguruan tersebut. Perisai Diri ini didirikan pada tanggal 2 JULI 1995 oleh Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmotdjo di Surabaya. Karena sistem pengajaran serta teknik-teknik Perisai Diri sangat praktis dan mudah di terima oleh masyarakat. Oraganisai silat ini berkembang pesat di Surabaya.

   Kalo berbicara tentang pesatnya perkembangan Perisai Diri tidak lepas dari usaha sang pendiri Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmotdjo, beliau lahir tanggal 08 Januari 1913 tahun alip Yogyakarta dari keluarga...
Pakoe Alaman dari Pakoe Sudirjo. Di ceritakan dalam sejarahnya Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmotdjo pada usia muda sangat tertarik pada bela diri. Pada umur 16 tahun beliau merantau ke daerah Jombang, Jawa Timur karena pada masa itu Jombang sangat terkenal dengan "Pondoknya" sebagai tempatyang banyak di datangi orang untuk belajar Ilmu Silat.Beliau Terus berkelana merantau mencari ilmu bela diri hingga beliau sampai berguru pada banyak orang. 

   Pengalaman demi pengalamn gembira suka silih berganti akhirnya menumbuhkan satu manusia berpebdirian kuat, bermental baja dan berkeyakina teguh "Bila segala sesuatu di kerjakan dengan baik dan didasari niat baik, maka petunjuk/tuntunnan dari Tuhan Yang Maha Esa akan datang menerangi jalan dalam mencapai cita-citanya". Sekitar tahun 1947/1948 dengan bantuan Djumali,beliau di angkat sebagai pegawai negeri pada Departemen Pendidikan Kebudayaan, seksi Pencak Silat. Selain itu diminta mengajar di organisasi HPPSI ( Himpunan Siswa Budaya Yogyakarta ). pada tahun 1954 Beliau dipindahkan tugas ke Surabaya, di Surabaya ini dengan bantuan Imam Romelan beliau mendirikan perguruan silat dengan nama KELUARGA SILAT NASIONAL INDONESIA "PERISAI DIRI" pada tanggal 2 Juli 1955. Pada tanggal 09 mei 1983 pendiri sekaligus pendiri dan pengasuh KELUARGA SILAT NASIONAL INDONESIA "PERISAI DIRI" ini wafat dini hari sekitar pukul 03.15 WIB, di Surabaya.

   Dengan meninggalkan warisan yang tak ternilai harganya yaitu Organisasi silat Perisai Diri yang telah menjadi milik bangsa. Melalui warisan beliau ini, di harapkan cita-cita beliau dapat diteruskan oleh generasi sekarang serta yang akan datang dalam membina,melestarikan,mengembangkan budaya bangsa Indonesia. Dan atas jasa jasanya Pemerintah Indonesian memberikan penghargaan kepada Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmotdjo sebagai Pendekar Purna Utama.
Sumber : Sejarah Perisai Diri

0 komentar:

Posting Komentar