Mengembangkan Perisai Diri di Unit SMKN 1 Purwakarta

EnglishFrench German SpainItalianDutch

RussianBrazil JapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
Terjemahkan Bahasamu Disini

"Siapa saja yang ingin mencapai sukses, haruslah mendaki dan memanjatnya; bukan melompatinya..." (R.M.S. Dirdjoatmodjo - Pendiri Perisai Diri

Selasa, 22 Mei 2012

Beberapa hasil penilitian dan pengembangan yang telah diriset dari tahun ke tahun. . . tentang penyebab penyusutan anggota diranting/unit :
1.Kurannya komunikasi antar anggota dan pembimbing (pelatih).
2.Tidak ada kontrol seorang pembimbing (pelatih) terhadap anggotanya...
3.Kurangnya kosekwensi dari sgala aturan yg telah d buat.
4.Kurangnya kerapihan dalam penyusunan dan menjalankan program kerja d ranting/unit.
5.Terjadinya konflik dalam hubungan yang special antar anggota.
hal - hal yang tercantum diatas pada dasarnya memang benar... dan kita selaku anggota terkadang menyepelekan hal - hal diatas. Namun Faktanya ke 5 poin diatas sangat mempengaruhi  keberlanjutan suatu unit perisi diri apakah akan bertahan atau hilang karena dimakan waktu. pemahaman dan tindakan antisipasi merupakan hal yang sangat perlu dilakukan agar penyusutan anggota tidak terjadi.
Selain itu, mengembangkan perisai diri di suatu unit membutuhkan banyak pemikiran baru agar hal - hal yang dapat merusak perkembangan perisai diri seperti diatas dapat dihindari. dan bukan hanya menghindari penyebab kehancuran, meningkatkan kerativitas juga adalah hal yang sangat penting. peningkatan kreativitas tentang pengembangan kegiatan yang menunjang keeratan antan anggota menjadi salah satu poin yang perlu untuk selalu dilakukan.
Dan yang terutama yaitu menghindari kejenuhan anggota menjadi poin yang diutamakan dalam pengembangan kreativitas. Diutamakan memperbanyak kegiatan - kegiatan yang dapat mempererat tali persaudara serta meningkatkan wawasan anggota dapat menjadi salah satu cara mempertahankan keutuhan perisai diri suatu unit/ranting. ya pada dasarnya kedua hal diatas merupakan cara antisipasi mengurangi penyusutan anggota yang sering terjadi disuatu ranting/unit.
Namun jika dipahami hal - hal yang negative tentang perkembangan disuatu unit/ranting ini dapat dihindarii apabila pada tiap diri para anggota suatu unit ini memililki Dedikasi dan loyalitas yang tinggi kepada perisai diri. Apabila semua anggota Mempunyai rasa ikut memiliki (Perisai Diri adalah milik saya). Dan selalu menanyakan pada diri  "Apa yg telah saya berikan/sumbangkan kepada perisai diri???", dan tidak mendahulukan tentang "Apa yang telah diberikan perisai diri pada saya.???". Serta Mimiliki fanatisme kepada perisai diri yang positif dengan cara tidak meberi kesempatan pihak lain menjatuhkan atau menjelekkan perisai diri. Tentu perisai diri disuatu unit dapat tetap berkembang dan bertahan.

Perkembangan perisai diri adalah hal yang selalu harus kita lakukan dan tanggung jawak kita sebagai anggota. hal - hal yang tertulis diatas merupakan sedikit pandangan terhadap pengalaman mengembang perisai diri disalah satu UNIT di Purwakarta. masih banyak hal yang cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perisai diri itu tersendiri. termasuk yang utama adalah mempalajari teknik perisai diri secara utuh...

"Baik dan buruk sebuah hasil yang didapat. . .pada dasarnya dari niat. .,, Silahkan bercermin dan rubah segera segala niat yang dpat merugikan. . .!!!" Pelatih PD unit Nepoer..

Sumber : Amanat dan kata - kata pelatih PD unit Nepoer (SMKN 1 Purwakarta)

0 komentar:

Posting Komentar